Yayuk Eko Agustin dinobatkan sebagai tokoh inspiratif di bidang sosial dan lingkungan dan berhak menerima Radar Surabaya Awards 2024. Penghargaan tersebut digelar di Vasa Hotel Surabaya, Jumat (12/7/2024) malam.
Acara ini merupakan wujud apresiasi Radar Surabaya kepada para mitra dan stakeholder yang telah berperan dalam pembangunan di daerahnya masing masing.
Yayuk Eko terpilih atas kiprahnya di dunia fashion dengan mengusung brand Namira Ecoprint.
Melalui tangan dinginnya, Yayuk dinilai sukses melahirkan produk-produk ecoprint bermutu dan bernilai tinggi.
“Alhamdulillah, terima kasih atas penghargaan ini. Semoga bisa memotivasi untuk berkarya lebih baik lagi,” ujar dia usai menerima penghargaan.
Yayuk menuturkan, sejak merintis usaha sejak tahun 2019 itu, banyak pengalaman yang diperoleh. Yang paling berkesan tentu saat awal merintis usaha lalu muncul wabah Covid-19.
Kala itu, Yayuk Eko berpikir dan berupaya keras untuk survive di tengah pandemi yang menyebabkan sulitnya bertatap muka dengan pelanggan maupun pembelinya.
“Waktu pandemi itu kita sulit keluar rumah. Saya pun berupaya keras menjual ecoprint melalui online. Alhamdulillah, hasilnya signifikan. Pembeli produk saya bukan hanya dari Surabaya, tapi juga beberapa daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri,” tutur perempuan kelahiran Jombang, 27 Agustus 1962 ini.
Yayuk berharap ke depan usahanya akan terus meningkat. Dia juga ingin membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas untuk membantu mereka yang masih belum punya pekerjaan.
Sementara itu, Direktur PT Radar Media Surabaya Lilik Widyantoro menjelaskan, Radar Surabaya Awards 2024 merupakan rangkaian hari jadi platform online Grup Radar Surabaya. Yakni HUT radarsurabaya.id ke-7, radarsidoarjo.id ke-4, dan radargresik.id ke-4.
“Dalam rangka HUT platform online Grup Radar Surabaya ini, kita memberikan apresiasi (penghargaan) terhadap stakeholder yang selama ini memberi kepercayaan kepada Radar Surabaya di tengah banyaknya persaingan media. Media kita baik cetak maupun online bisa berkembang hingga saat ini tidak lepas dari kepercayaan para stakeholder,” katanya.
Lilik berharap melalui acara ini sinergi antara media dan mitra maupun stakeholder bisa terus berlangsung untuk kemajuan Jawa Timur.
Menurut dia, Radar Surabaya Award 2024 ini bukan sekadar acara penghargaan, tapi juga menjadi ajang untuk menginspirasi dan memberikan pengakuan kepada individu, merek, dan lembaga yang menjadi pionir dalam kemajuan Jawa Timur.
“Proses penilaian dilakukan oleh tim Radar Surabaya melalui proses panjang. Mulai dari analisis, polling maupun survei,” katanya.
Dengan mengusung tagline “Maju Bersama dalam Setiap Perubahan,” Lilik berharap platform media cetak (koran) dan online Radar Surabaya dapat saling bersinergi.
Tidak hanya dalam hal berita-berita yang dapat dipertanggungjawabkan, tetapi juga secara bisnis bisa saling mendukung.
“Yang sudah pasti, berita-berita online yang kami miliki jauh dari hoaks karena diproduksi oleh tim yang sudah terbiasa menulis berita di koran dengan proses editing berlapis-lapis,” katanya.
Lilik menyebut berbagai rintangan berhasil dilalui Grup Radar Surabaya dalam pertumbuhannya hingga saat ini.
Termasuk masa pandemi Covid 19 yang merusak sendi-sendi perekonomian global dapat dilewati Radar Surabaya dengan baik.
“Sekarang, koran menghadapi tantangan baru dengan hadirnya media digital. Menyikapi hal ini, kami juga berusaha mengikutinya. Karena tidak mungkin kami menolaknya,” kata Lilik. (*)